HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PERAWAT DENGAN PENERAPAN PASIEN SAFETY PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI UPT PUSKESMAS RAWAT INAP KABUPATEN PESAWARAN

  • Dewi Kusumaningsih, S.Kep., Ns., M.Kep M. Ricko Gunawan, S.Kep., M.Kes Tri Widiyanti Universitas Malahayati
Keywords: Beban kerja fisik, beban kerja mental, pasien safety, Physical workload, mental workload, patient safety

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan: Berdasarkan data yang didapat pada tahun 2019 di UPT Puskesmas Rawat Inap Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, bahwa perawat mengalami beban kerja fisik sebesar 20,5% dan beban kerja mental sebesar 35,7% pada tahun 2018. Kemudian pada UPT Puskesmas Rawat Inap Tegineneng, beban kerja fisik sebesar 24,9% dan beban kerja mental sebesar 39,4%.

Tujuan: Diketahui hubungan antara variabel beban kerja fisik dan mental dengan penerapan pasien safety pada perawat di UPT Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pesawaran.

Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey analitik dan pendeketan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat rawat inap di UPT Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pesawaran yaitu berjumlah 40 orang.

Hasil: Uji statistik beban kerja fisik chi-square, didapat P-Value = 0,019 sehingga  P-Value <α (0,01<0,05) maka H0 ditolak dengan nilai Oods Ratio 0.198. Uji statistik beban kerja mental menggunakan chi-square, didapat P-Value = 0,364 sehingga  P-Value <α (0,364>0,05) maka Ha ditolak dengan nilai Oods Ratio 1.857.

Kesimpulan: terdapat hubungan beban kerja fisik perawat dengan penerapan pasien safety pada masa pandemi covid 19 di UPT Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pesawaran dan tidak ada  hubungan beban kerja mental perawat dengan penerapan pasien safety pada masa pandemi covid 19 di UPT Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pesawaran. Saran agar meminimalisir pekerjaan yang tidak terselesaikan dan resiko terjadinya kesalahan dalam melakukan tindakan keperawatan.

Kata Kunci : Beban kerja fisik, beban kerja mental, pasien safety

 

 

Published
2020-10-01
How to Cite
Tri Widiyanti, D. K. S. N. M. (2020). HUBUNGAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PERAWAT DENGAN PENERAPAN PASIEN SAFETY PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI UPT PUSKESMAS RAWAT INAP KABUPATEN PESAWARAN. Indonesian Journal of Health Development, 2(2), 108-118. Retrieved from https://ijhd.upnvj.ac.id/index.php/ijhd/article/view/93
Section
Articles