PENGARUH MEDIA WAYANG DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Latar belakang : Permasalahan gizi yang kurang baik pada anak sekolah dasar salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan untuk mengerti dan memahami pentingnya gizi dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai gizi salah satunya diberikan pembelajaran melalui penyuluhan gizi. Penggunaan media wayang dan booklet dalam penyuluhan gizi karena informasi yang disajikan lengkap, praktis dan lebih menarik dalam menyampaikan pesan gizi seimbang. Metode : Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-posttest with control group pada anak kelas V SDN Mekar Mukti 06 sebanyak 46 orang dan pengetahuan gizi seimbang diperoleh dengan alat ukur angket. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan mann-whitney. Hasil dan Pembahasan : data menemukan bahwa adanya pengaruh penyuluhan gizi menggunakan media wayang dan booklet tehadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar (p = 0,000 < 0,05) dan adanya pengaruh penyuluhan gizi sebelum dan sesudah intervensi pada kedua kelompok perlakuan (p = 0,006 < 0,05). Simpulan : Terdapat perbedaan pada peningkatan pengetahuan gizi sebelum dan sesudah penyuluhan pada kelompok wayang dan booklet. Rekomendasi : Penyuluhan gizi menggunakan media wayang dan booklet berpengaruh terhadap pengetahuan.
Kata kunci : Penyuluhan Gizi, Pengetahuan Gizi, Wayang, Booklet
ABSTRACT
Background : Poor nutritional problems in elementary school children is one of the lack of less education to know and understand the importance of nutrition in daily life. Various ways can be done to improve knowledge about nutrition one of them is given learning through nutrition counseling using puppet media and booklets. The use of puppet media and booklets in nutrition counseling because the information presented is complete, practical and more interesting in delivering balanced nutrition message. Method : This study used a quasi experimental design with a pretest-posttest with control group design in grade V subsidiary of SDN Mekar Mukti 06 as many as 46 people and balanced nutritional knowledge obtained by a questionnaire. With the sampling techniques used are purposive sampling. Data analysis using the Wilcoxon and Mann-Whitney Test. Results and Discussion : data found that there was an influence of nutrition counseling using puppet media and a booklet for balanced nutritional knowledge in elementary school children (p = 0,000 <0.05) and the influence of nutritional counseling before and after intervention in both treatment groups (p = 0.006 <0, 05). Conclusion : There is a difference in the improvement of nutritional knowledge before and after counseling in puppet group and booklets. Recommendation : Nutritional counseling using puppet media and booklets affects knowledge.
Keywords: Nutrition Counseling; Nurtion Knowledge; Puppet; Booklet