PENGARUH CODE STEMI TERHADAP STRATEGI PEMASARAN RSUPN DR CIPTO MANGUNKUSUMO

  • Eka Ginanjar Faculty of Medicine University Of Indonesia
  • Amal Sjaaf
  • Wahyu Sulistyadi
Keywords: CODE STEMI, strategi pemasaran, bauran pemasaran

Abstract

Dewasa ini, persaingan bisnis industri jasa rumah sakit semakin ketat. Akibatnya, rumah sakit dituntut untuk memiliki inovasi dan strategi untuk menarik pasien. Salah satu hal yang diperlukan untuk menarik minat pasien adalah strategi pemasaran rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program CODE STEMI terhadap unsur-unsur strategi pemasaran rumah sakit RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelusuran rekam medik dan dokumen administrasi, serta metode kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan penurunan mortalitas, MACE, door to balloon time, total biaya, dan lama rawat setelah diterapkannya program CODE STEMI. Hasil-hasil tersebut berdampak baik pada bauran pemasaran produk, harga, distribusi, manusia, proses, dan sarana fisik. Pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, dan jumlah pasien STEMI pun meningkat sejak diterapkannya program CODE STEMI tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, ditarik kesimpulan bahwa program CODE STEMI berdampak positif terhadap strategi pemasaran RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Disaranakan untuk mengadakan kegiatan promosi untuk memperkenalkan program CODE STEMI ini ke masyarakat luas. 

Published
2020-02-12
How to Cite
Ginanjar, E., Sjaaf, A., & Sulistyadi, W. (2020). PENGARUH CODE STEMI TERHADAP STRATEGI PEMASARAN RSUPN DR CIPTO MANGUNKUSUMO. Indonesian Journal of Health Development, 2(1). https://doi.org/10.52021/ijhd.v2i1.28
Section
Articles