DETERMINAN PENGETAHUAN BHD DAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA GURU SEKOLAH DASAR

  • Wiwin Winarti UPN Veteran Jakarta
Keywords: guru sekolah dasar, pengetahuan, pertolongan pertama, bantuan hidup dasar

Abstract

Kejadian gawat darurat dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja. Upaya yang dilakukan untuk menyelamatkan korban harus dilakukan secara cepat dan tepat, karena dapat mengakibatkan kecacatan permanen hingga kematian. Anak-anak usia sekolah dasar merupakan kelompok usia yang beresiko tinggi mengalami kecelakaan. Guru sebagai pendidik dan pendamping anak disekolah menjadi bagian penolong pertama bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan bantuan hidup dasar (BHD) dan pertolongan pertama. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional dengan rancangan Desckriptif Analisis dan menggunakan metode Total Sampling sebagai cara dalam pengambilan sampel. Sampel penelitian sebanyak 44 guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan jenis mata ajar yang diampu, pengalaman pelatihan, pengalaman menolong, paparan sumber informasi, motivasi terhadap pengetahuan BHD dan pertolongan pertama menjadi faktor yang mempengaruhi pengetahuan para guru sekolah dasar (p< 0,05). Hasil penelitian memberikan saran kepada pemerintah untuk dapat membekali setiap guru sekolah dasar pengetahuan BHD dan pertolongan pertama.

Kata kunci: guru sekolah dasar, pengetahuan, pertolongan pertama, bantuan hidup dasar

Published
2019-11-03
How to Cite
Winarti, W. (2019). DETERMINAN PENGETAHUAN BHD DAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA GURU SEKOLAH DASAR. Indonesian Journal of Health Development, 1(2). https://doi.org/10.52021/ijhd.v1i2.24
Section
Articles