Hubungan antara Muscular Strenght dengan Kualitas Kompresi Jantung Luar

  • Novi Dwi Irmawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indramayu

Abstract

Abstrak

 

Sudden cardiac arrest merupakan kondisi berhentinya fungsi jantung secara tiba-tiba pada seseorang yang telah atau belum diketahui menderita penyakit jantung. Penanganan yang tepat diperlukan untuk mengatasi masalah sudden cardiac arrest pada pasien. Kesepakatan ILCOR (2015), AHA(2015) dan ERC (2015) menyebutkan bahwa penangananan untuk pasien dengan sudden cardiac arrest adalah dengan Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR). Kualitas kompresi jantung luar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah Muscular Strenght. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Muscular Strenght dengan Kualitas kompresi Jantung Luar.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Profesi Ners Universitas Padjadjaran dengan jumlah 88 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan Digital Hand Dynamometer dan Manneqiun Resusci Anne.

Hasil Uji Bivariat menggunakan uji Spearman Rank  menunjukkan bahwa ada hubungan antara Muscular Strenght dengan Kualitas Kompresi Jantung Luar dengan nilai signifikan 0,000 (p value < 0.05) dengan kekuatan hubungan kategori sedang ( koefisien korelasi =0.436)

Diharapkan perlunya penelitian lebih lanjut mengenai faktor lain yang mempengaruhi kualitas kompresi jantung luar dengan melibatkan jumlah responden yang lebih banyak.

Kata Kunci : CPR, Muscular Strenght, Sudden Cardiac Arrest

Published
2019-11-03
How to Cite
Irmawati, N. (2019). Hubungan antara Muscular Strenght dengan Kualitas Kompresi Jantung Luar. Indonesian Journal of Health Development, 1(2). Retrieved from https://ijhd.upnvj.ac.id/index.php/ijhd/article/view/18
Section
Articles